top of page

UJIAN IMAN

JUNE 2023 | 4 JUN - 10 JUN 2023

1 Petrus 1:7

Maksud semuanya itu ialah untuk membuktikan kemurnian imanmu – yang jauh lebih tinggi nilainya dari pada emas yang fana, yang diuji kemurniannya dengan api – sehingga kamu memperoleh puji-pujian dan kemuliaan dan kehormatan pada hari Yesus Kristus menyatakan diri-Nya.

Iman merupakan dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat (Ibrani 11 : 1). Seringkali kita berkata bahwa kita merupakan seorang yang beriman tetapi pada kenyataannya iman yang kita miliki jauh dari kebenaran iman yang sesungguhnya, karena iman yang kita miliki telah disesatkan oleh motivasi dan fokus yang salah.


Kita cenderung meletakkan dasar pengharapan kita kepada dunia seperti kepada gembala/pendeta, nubuatan, karunia dan lain sebagainya. Motivasi dan fokus yang salah dapat menyebabkan pertumbuhan iman yang kita miliki menjadi terhambat dan tidak sesuai dengan kehendak Tuhan.


Oleh karena itu, untuk melihat kemurnian iman kita dan motivasi serta fokus yang kita miliki, iman kita harus diuji kemurniannya dengan menggunakan api. Api berbicara tentang hal-hal yang tidak enak di dalam hidup kita seperti masalah, persoalan, tekanan, gesekan dan lain sebagainya. Selain itu, pengujian iman juga bertujuan untuk :


1. Memurnikan kehidupan kita sehingga kita hidup sesuai dengan kehendak dan perintah Tuhan dengan menanggalkan seluruh manusia lama kita, segala motivasi dan pikiran - pikiran lama yang kita miliki.


2. Menjaga agar motivasi dan fokus hidup kita tidak tersesat dan tetap menuju kepada Tuhan.


3. Memperoleh puji-pujian dan kemuliaan dan kehormatan pada hari Yesus Kristus menyatakan diri-Nya karena selama kita hidup, kita menjadi surat terbuka Kristus yang teruji dan berkenan sehingga hidup kita memuliakan nama Tuhan.


Renungan

Siapakah yang memotivasi, memberikan semangat dan pengharapan kepada kita untuk menjalani kehidupan sehari - hari?


Referensi




83 views0 comments

Comments


bottom of page