top of page

POLA PIKIR DEBORA

SEPTEMBER 2023 | 17 - 23 SEP 2023


Hakim-Hakim 4:4-9

Ada waktu itu Debora, seorang nabiah, istri Lapidot, memerintah sebagai hakim atas orang Israel. Ia biasa duduk di bawah pohon korma Debora antara Rama dan Betel di pegunungan Efraim, dan orang Israel menghadap dia untuk berhakim kepadanya. Ia menyuruh memanggil Barak bin Abinoam dari Kedesh di daerah Naftali, lalu berkata kepadanya: ”Bukankah Tuhan, Allah Israel, memerintahkan demikian: Majulah, bergeraklah menuju gunung Tabor dengan membawa sepuluh ribu orang bani Naftali dan bani Zebulon bersama-sama dengan engkau, dan Aku akan menggerakkan Sisera, panglima tentara Yabin, dengan kereta-keretanya dan pasukan-pasukannya menuju engkau ke sungai Kison dan Aku akan menyerahkan dia ke dalam tanganmu.” Jawab Barak kepada Debora: ”Jika engkau turut maju akupun maju, tetapi jika engkau tidak turut maju aku pun tidak maju.” Kata Debora: ”Baik, aku turut! Hanya, engkau tidak akan mendapat kehormatan dalam perjalanan yang engkau lakukan ini, sebab Tuhan akan menyerahkan Sisera ke dalam tangan seorang perempuan.” Lalu Debora bangun berdiri dan pergi bersama-sama dengan Barak ke Kedesh.

Masalah yang dihadapi oleh Debora adalah penindasan bangsa Israel yang dilakukan oleh bangsa Kanaan dibawah pimpinan Sisera. Bangsa Kanaan menjajah bangsa Israel dengan kejam selama 20 tahun lamanya sampai bangsa Israel berseru kepada Tuhan agar dibebaskan dari penjajahan bangsa Kanaan. Situasi menekan yang dialami oleh bangsa Israel merupakan suatu bentuk ancaman yang signifikan bagi kebebasan, kesejahteraan dan iman dari orang - orang Israel. Masalah yang serupa dengan bangsa Israel mungkin dapat kita alami di dalam kehidupan kita, seperti ketidakadilan di tempat kerja, masalah di dalam keluarga dan peperangan dalam diri kita sendiri.


Melalui tindakan yang diambil oleh Debora, ada beberapa pelajaran berharga dari pola pikir Debora yang dapat kita aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari kita:


1. Bijaksana dan memiliki kemampuan untuk menilai sesuatu (Hak. 4 : 5) Kebijaksanaan Debora dalam menilai sesuatu dapat terlihat ketika ia menjadi hakim bagi bangsa Israel dan memberikan nasehat kepada orang - orang Israel. Kita dapat mencontoh perilaku Debora dengan menggunakan hikmat dan selalu menilai sesuatu dengan tajam pada saat mengambil sebuah keputusan.

2. Keberanian dalam menghadapi segala tantangan dan mengambil suatu resiko (Hak. 4 : 6)

Keberanian Debora dalam menghadapi segala tantangan dan mengambil suatu resiko dapat terlihat ketika ia memanggil Barak untuk memimpin pasukan bangsa Israel melawan Sisera dan bangsa Kanaan. Kita dapat belajar dari perilaku yang dilakukan oleh Debora saat ia berani untuk menghadapi tantangan yang ada di depannya dan mengambil suatu tindakan yang diperlukan.


3. Pemimpin yang memiliki jiwa melayani (Hak. 4 : 7)

Debora memberikan contoh mengenai kepemimpinan yang memiliki jiwa melayani dengan mendorong dan memberikan kuasa kepada Barak untuk memenuhi perannya sebagai pemimpin pasukan bangsa Israel. Kita dapat mengaplikasikan pola pikir Debora dengan meletakkan kebutuhan orang lain terlebih dahulu dan mendukung pertumbuhan dan kesuksesan mereka.


Perilaku Debora dapat memberikan contoh dan menginspirasi kita untuk merespon sesuatu dengan iman, keberanian dan senantiasa percaya dengan Tuhan. Seperti Debora, kita dapat senantiasa mencari tuntunan dan hikmat dari Tuhan untuk menunjukkan seperti apa masalah yang kita hadapi dan cara untuk mengatasinya. Selain itu, kita dapat menunjukkan pemimpin yang memiliki jiwa melayani dengan cara mendukung dan memberikan kepercayaan kepada mereka yang terkena dampaknya, seperti Debora mendukung Barak dan bangsa Israel untuk berdiri melawan penindas mereka.



Refleksi

  1. Apakah anda mau untuk keluar dari zona nyaman anda dan menghadapi rintangan dengan keberanian serta mengambil segala resiko yang ada?

  2. Apakah anda mencari hikmat dan menilai sesuatu dengan tajam pada saat mengambil suatu keputusan? dan apakah anda percaya kepada hikmat dari Tuhan ketika menghadapi tantangan dan kesulitan?

  3. Bagaimana anda melayani dan memberikan kepercayaan kepada orang lain di dalam kepemimpinan anda ataupun dalam interaksi bersama dengan orang yang ada disekitar anda?

Referensi




201 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page