top of page

PERJALANAN YANG MENUNTUN KEPADA PANGGILAN SUPRANATURAL DARI TUHAN (PART 04)

APRIL 2024 | 22-28 APRIL 2024


-DI YERIKHO-


2 Raja-Raja 2:4

Berkatalah Elia kepadanya: ”Hai Elisa, baiklah tinggal di sini, sebab TUHAN menyuruh aku ke Yerikho.” Tetapi jawabnya: ”Demi TUHAN yang hidup dan demi hidupmu sendiri, sesungguhnya aku tidak akan meninggalkan engkau.” Lalu sampailah mereka di Yerikho.

Kota ketiga adalah Yerikho, Yerikho adalah tempat konfrontasi. Setelah mereka dikuduskan di Gilgal, tantangan sukar yang akan mereka hadapi adalah menaklukkan Yerikho. Yerikho memiliki tembok yang sangat tinggi dan sangat sukar ditaklukkan. Seringkali pada saat kita berpikir bahwa masalah kita terlalu besar, kita tidak memiliki iman untuk memenangkan pertarungan. 


1. Yerikho adalah tempat dimana iman kita menang atas dunia


Pada saat itu, Yerikho dikepung dan menutup kotanya karena Israel, tetapi di bawah pimpinan Yosua, bangsa Israel dapat merobohkan tembok Yerikho setelah mereka mengelilingi tembok tujuh kali selama tujuh hari. 


Ketika kehidupan kita sudah melewati Gilgal dan Betel, maka kita juga dapat menaklukkan Yerikho. Tetapi, ada beberapa orang yang gagal untuk menaklukkan Yerikhonya, salah satu tokoh Alkitab yang gagal adalah Akhan. Dosa Akhan adalah ketidaktaatan dan ketamakkan. Di Yerikho dia melihat beberapa pakaian Babilonia yang bagus, dan beberapa batang perak dan emas. Ia melihat, kemudian ia menginginkan, dan setelah itu ia mengambil barang - barang terkutuk itu dan kemudian dia menyembunyikan seluruh benda tersebut di tendanya. Oleh karena itu, Akhan menderita karena dosanya. 


Orang - orang percaya ada di dunia, namun mereka bukan milik dunia. Kita yang mengenal Tuhan harus berhati-hati jangan mengikuti apa yang pernah dialami Akhan di Yerikho. Kemuliaan yang kita miliki seharusnya menjadi pemisah antara kita dan dunia. 


Galatia 6:14

​​Tetapi aku sekali-kali tidak mau bermegah, selain dalam salib Tuhan kita Yesus Kristus, sebab olehnya dunia telah disalibkan bagiku dan aku bagi dunia.

2. Yerikho adalah tempat kita untuk mulai menerobos masuk daerah musuh

Kita harus melewati tembok-tembok yang menahan kedatangan kita dan mengalami kemenangan di dalam Kristus. Tidak ada seorangpun yang dapat mengalahkan bangsa - bangsa itu sampai runtuhnya tembok Yerikho. Puji Tuhan karena contoh yang luar biasa dari bangsa Israel telah berhasil menerobos tembok itu tanpa dapat ditundukkan oleh musuh. 


Kemenangan menakjubkan yang terjadi di Yerikho menunjukkan kepada Israel cara menaklukkan negeri itu yaitu dengan mengikuti perintah dari Tuhan; mematuhi petunjuk itu dengan iman, tidak peduli betapa bodoh kelihatannya; dan terakhir memberikan segala kemuliaan hanya bagi Tuhan saja. Yerikho mengingatkan Elisa, bukan hanya kemenangan iman namun juga tragedi dosa dan keagungan Tuhan yang layak menerima segala keagungan.



Refleksi : 

Dalam kehidupan kita yang mengikuti Tuhan sepenuhnya, apa yang menjadi tembok Yerikho kita saat ini? Sudahkah kita datang ke Yerikho dan menaklukkannya di sana? Apakah kita siap untuk terus maju menuju kemenangan lebih lanjut? 



Referensi




389 views0 comments

Comments


bottom of page