top of page

KASIH TUHAN YANG SUPRANATURAL

FEBRUARI 2024 | 12-18 FEB 2024



1 Korintus 13:13

Demikianlah tinggal ketiga hal ini, yaitu iman, pengharapan dan kasih, dan yang paling besar di antaranya ialah kasih. - 1 Korintus 13:13

Apakah yang membedakan kasih Tuhan dengan kasih manusia? Kasih Tuhan tidak bersyarat dan tanpa pamrih, sedangkan kasih manusia cenderung bersyarat dan egois. Kasih Tuhan menawarkan kehidupan yang kekal, sedangkan kasih manusia bersifat sementara dan dapat hilang dalam waktu yang cepat. Kasih Tuhan teguh dan abadi, sedangkan kasih manusia dapat berubah - ubah dan tidak dapat diandalkan. Kasih Tuhan berakar pada anugerah-Nya, sedangkan kasih manusia seringkali didasarkan pada prestasi dan kinerja. Kasih Tuhan penuh dengan pengorbanan, sedangkan kasih manusia cenderung mementingkan kepentingan dirinya sendiri. Kasih Tuhan adalah kasih yang supranatural dan kasih manusia adalah kasih yang natural.


Kasih lebih besar dari iman

Kasih lebih besar daripada iman karena iman hanyalah sarana untuk kita memiliki hubungan dengan Tuhan sehingga kita dapat menjadi pribadi serupa seperti-Nya. Allah sendiri adalah kasih. Sehingga dapat kita simpulkan bahwa tujuan akhir yaitu kasih, lebih besar daripada iman yang berfungsi sebagai sarana kita untuk mendapatkan tujuan akhir kita.


1 Korintus 13:2

Sekalipun aku mempunyai karunia untuk bernubuat dan aku mengetahui segala rahasia dan memiliki seluruh pengetahuan; dan sekalipun aku memiliki iman yang sempurna untuk memindahkan gunung, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama sekali tidak berguna.

Kasih adalah penggenapan hukum Taurat


Roma 13:10

Kasih tidak berbuat jahat terhadap sesama manusia, karena itu kasih adalah kegenapan hukum Taurat.

Pernahkan anda berpikir apa yang dimaksud dari ayat Firman tersebut? Pada zaman itu, manusia berusaha untuk menyenangkan Tuhan dengan cara melakukan 10 perintah Allah dan hukum - hukum lainnya yang dibuat berdasarkan 10 perintah Allah yang telah ada. Kemudian, Tuhan Yesus datang dan berkata “Aku akan menunjukkan cara yang lebih sederhana. Jika kamu melakukan satu hal ini saja, maka kamu telah memenuhi seluruh hukum tanpa pernah memikirkannya. Kasihilah sesamamu manusia, sebab barangsiapa mengasihi sesamanya manusia, ia sudah memenuhi hukum Taurat.


Contohnya, ketika kita memiliki kasih, kita tidak akan pernah membayangkan untuk mengingini apa yang dimiliki oleh sesama kita. Kita cenderung lebih memilih mereka memilikinya dibandingkan diri kita sendiri. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa kasih dapat menggenapi seluruh hukum Taurat. Inilah aturan untuk memenuhi seluruh hukum yang ada, perintah baru untuk menggenapi dan menaati hukum yang lama, dan Kristus adalah rahasia kehidupan orang Kristen.


Refleksi

Kita mendengar banyak kasih kepada Tuhan, Kristus berbicara banyak tentang kasih kepada manusia. Kita banyak membuat kesepakatan damai dengan Tuhan, Kristus membuat banyak kedamaian di bumi. Dimana kasih itu, disitu ada Tuhan.


1 Yohanes 4:16

Kita telah mengenal dan telah percaya akan kasih Allah kepada kita. Allah adalah kasih, dan barangsiapa tetap berada di dalam kasih, ia tetap berada di dalam Allah dan Allah di dalam dia.

Bila kita hidup didalam kasih Tuhan dan kasih Tuhan didalam kita, kita juga dapat mengasihi Tuhan dan sesama dengan kasih yang supranatural dari Tuhan.


Referensi




201 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page