top of page

BERKAT SUPRANATURAL

MEI 2024 | 6-12 MEI 2024


2 Raja-Raja 2:11-12

"Sedang mereka berjalan terus sambil berkata-kata, tiba-tiba datanglah kereta berapi dengan kuda berapi memisahkan keduanya, lalu naiklah Elia ke sorga dalam angin badai. Ketika Elisa melihat itu, maka berteriaklah ia: ”Bapaku, bapaku! Kereta Israel dan orang-orangnya yang berkuda!” Kemudian tidak dilihatnya lagi, lalu direnggutkannya pakaiannya dan dikoyakkannya menjadi dua koyakan.


2 Raja-Raja 2:14

"Ia mengambil jubah Elia yang telah terjatuh itu, dipukulkannya ke atas air itu sambil berseru: ”Di manakah Tuhan, Allah Elia?” Ia memukul air itu, lalu terbagi ke sebelah sini dan ke sebelah sana, maka menyeberanglah Elisa."


Pelajaran berharga yang dapat kita ambil adalah : 


2. Orang yang setia dan mengikuti sampai akhir akan mendapatkan berkat

Ketika Abraham dengan ketaatannya mau mengorbankan anak satu - satunya, Tuhan berfirman kepadanya : ”Jangan bunuh anak itu dan jangan kau apa-apakan dia, sebab telah Ku-ketahui sekarang, bahwa engkau takut akan Allah, dan engkau tidak segan-segan untuk menyerahkan anakmu yang tunggal kepada-Ku.” (Kejadian 22 : 12). Lalu Tuhan pun berfirman kepada Abraham di Kejadian 22 : 17 - 18, beginilah bunyi Firman Tuhan : 


Kata-Nya: ”Aku bersumpah demi diri-Ku sendiri – demikianlah firman Tuhan –: Karena engkau telah berbuat demikian, dan engkau tidak segan-segan untuk menyerahkan anakmu yang tunggal kepada-Ku, maka Aku akan memberkati engkau berlimpah-limpah dan membuat keturunanmu sangat banyak seperti bintang di langit dan seperti pasir ditepi laut, dan keturunanmu itu akan menduduki kota-kota musuhnya. Oleh keturunanmulah semua bangsa di bumi akan mendapat berkat, karena engkau mendengarkan firman-Ku.”


Jika kita ingin mendapatkan berkat yang supranatural, kita harus selalu mau berjalan dengan Tuhan. 


2. Siapa yang tidak setia, tidak akan pernah mendapatkan

Anak-anak para nabi tidak ikut pergi bersama Elia. Ketika Elia dan Elisa sampai di Yerikho, mendekatlah rombongan nabi yang ada di Yerikho kepada Elisa serta berkata kepadanya: ”Sudahkah engkau tahu, bahwa pada hari ini tuanmu akan diambil daripadamu oleh Tuhan terangkat ke sorga?” Jawabnya: ”Aku juga tahu, diamlah!” (2 Raja - Raja 2 : 5). Kemudian di 2 Raja - Raja 2 : 6 tertulis, “...Lalu berjalanlah keduanya.” Betapa mencoloknya kata - kata tersebut, mengapa tidak tiga atau empat orang atau ke lima puluh orang itu? karena hanya Elisa yang mengikuti Elia sampai akhir, sehingga ia memperoleh berkat itu. Kita dapat melihat berapa banyak orang yang mau terus setia dan sungguh sungguh mengejar panggilannya ketika mendapatkan panggilannya sebagai berkat supranatural dari Tuhan.


Refleksi : 

Kristus mempunyai berkat-Nya bagi kita semua, seperti yang kita baca, “... semuanya kamu punya”, (1 Korintus 3:22b), namun betapa sedikitnya orang yang mau masuk dan memilikinya! Kita akan mengetahui berkat tersebut jika kita terus mau mengenal dan mencari Tuhan. Elisa setia berjalan mengikuti Elia, sehingga ia mendapatkan berkat supranatural, sedangkan anak - anak para nabi tertinggal. 


“Tuhan menyediakan berkat yang terbaik untuk setiap orang yang mau setia dan terus bertahan dalam masa masa ujian, dan Tuhan memberikan berkat yang biasa saja bagi mereka yang tidak setia dan tidak dapat bertahan dalam masa-masa ujian”


Referensi




181 views0 comments

Comments


bottom of page