top of page

BERKAT ROHANI YANG SUPRANATURAL

MEI 2024 | 13-19 MEI 2024


Lukas 4:1

Yesus, yang penuh dengan Roh Kudus, kembali dari sungai Yordan, lalu dibawa oleh Roh Kudus ke padang gurun.

Roh Kudus ada pada kita orang percaya dan tinggal di dalam kita adalah satu hal yang pasti tetapi memiliki Roh Kudus untuk diam di dalam dan memenuhi diri kita adalah suatu pilihan.


1. Roh Kudus tinggal di dalam orang percaya, tetapi tidak semua orang percaya dipenuhi oleh Roh Kudus

Roh Kudus bisa hadir di ruang takhta hati kita tetapi tidak duduk di atasnya. Demikian pula, Roh Kudus dapat mempunyai pengaruh dalam kehidupan orang percaya tanpa mempunyai kendali penuh atas kehidupannya.


Dipenuhi oleh Roh Kudus berarti menyerahkan hidup kita sepenuhnya kepada Tuhan. Apa yang kita serahkan, Dia ambil, dan apa yang Dia ambil, Dia penuhi. Jika hidup kita tidak sepenuhnya didedikasikan kepada Tuhan, maka kita tidak dapat dipenuhi dengan Dia. 


2. Efek yang dihasilkan bila kita dipenuhi oleh Roh Kudus

Di Efesus 5 : 18 berkata : “Dan janganlah kamu mabuk oleh anggur, karena anggur menimbulkan hawa nafsu, tetapi hendaklah kamu penuh dengan Roh.” Ayat tersebut menunjukkan efek yang dihasilkan bila kita dipenuhi oleh Roh Kudus. Ketika seorang mabuk karena anggur, anggur mendominasinya sampai ke ujung jari, sebaliknya ketika seseorang dipenuhi dengan Roh Kudus, dia akan sepenuhnya didominasi oleh Roh Kudus. Hasil yang pasti dicatat dalam ayat 19 bahwa orang - orang yang dipenuhi oleh Roh Kudus akan berkata-katalah seorang kepada yang lain dalam mazmur, kidung puji-pujian dan nyanyian rohani. Bernyanyi dan bersorak bagi Tuhan dengan segenap hati. 


Refleksi : 

Dalam buku Keluaran kita membaca bahwa ketika Musa telah menyelesaikan Bait Allah di padang gurun, hadirat Tuhan datang dan memenuhi kemah itu, itulah Roh Kudus. Momen ketika Bait Allah selesai dibangun dan dipenuhi oleh hadirat Tuhan, para imam dan orang - orang Lewi bernyanyi serta bersorak - sorai dengan serentak, datanglah awan menaungi dan memenuhi Bait itu. 


Pada zaman itu, bait suci adalah tempat kediaman-Nya, lalu dimana Ia tinggal sekarang? Kita adalah bait suci tempat Roh Kudus untuk berdiam, dan saat hati kita sudah siap, maka Roh Tuhan akan memenuhi kita. 


Referensi




114 views0 comments

Comments


bottom of page