top of page

BANGUNAN KEHIDUPAN YANG KOKOH

Februari 2023 | 5-11 FEBRUARI 2023


1 Korintus 3:11-13

Karena tidak ada seorang pun yang dapat meletakkan dasar lain dari pada dasar yang telah diletakkan, yaitu Yesus Kristus. Entahkah orang membangun di atas dasar ini dengan emas, perak, batu permata, kayu, rumput kering atau jerami, sekali kelak pekerjaan masing-masing orang akan nampak. Karena hari Tuhan akan menyatakannya, sebab ia akan nampak dengan api dan bagaimana pekerjaan masing-masing orang akan diuji oleh api itu.

3 Tahap proses pembangunan untuk membentuk kehidupan manusia yang kokoh :


1. Peletakkan dasar utama kehidupan


Kita harus meletakkan Yesus Kristus sebagai dasar utama kehidupan kita yang menjadi acuan dari setiap tindakan yang kita ambil, pekerjaan yang kita lakukan hingga tujuan hidup yang kita miliki.


1 Korintus 3:11

Karena tidak ada seorang pun yang dapat meletakkan dasar lain dari pada dasar yang telah diletakkan, yaitu Yesus Kristus.

2. Peletakkan dasar utama kehidupan


Terdapat 2 jenis bangunan kehidupan:

  1. Bangunan yang mahal dan bernilai yang dibangun menggunakan emas, perak dan batu permata. Bangunan ini dibangun oleh manusia yang senantiasa menjaga hidupnya, memiliki hidup yang kudus, mau diproses dan dibentuk, sehingga hidupnya berkenan dimata Tuhan.

  2. Bangunan yang murah dan tidak bernilai yang dibangun menggunakan kayu, rumput kering / jerami. Bangunan ini dibangun oleh manusia yang tidak menjaga hidupnya / hidup asal - asalan, hidup dengan tidak memiliki tujuan, dan menjalani hidup sesuai dengan kesukaan sendiri sehingga hidupnya tidak berkenan dimata Tuhan.

1 Korintus 3:12

Entahkah orang membangun di atas dasar ini dengan emas, perak, batu permata, kayu, rumput kering atau jerami, sekali kelak pekerjaan masing-masing orang akan nampak.

3. Tahap pengujian bangunan kehidupan


Setiap manusia pasti akan diuji oleh Api Tuhan pada akhir zaman (Daniel 12 : 10). Orang yang bangunannya tebuat dari emas, perak dan batu permata akan bertahan dan tetap menghasilkan buah yang manis disetiap langkahnya, sedangkan orang yang bangunannya terbuat dari kayu dan jerami akan terbakar pada saat masa pengujian, artinya tidak ada hasil yang dihasilkan dan buah pelayanannya sia - sia.


Ketahanan bangunan tidak hanya berhenti pada dasar yang digunakan, tetapi berlanjut ke bahan yang digunakan untuk membangun bentuk bangunannya. Apabila dasar bangunan kita adalah Kristus yang merupakan dasar yang kuat dan kokoh, kita akan tetap terbakar bila kita menggunakan jerami / kayu sebagai bahan dari bentuk bangunan yang kita bangun.


1 Korintus 3:13

Karena hari Tuhan akan menyatakannya, sebab ia akan nampak dengan api dan bagaimana pekerjaan masing-masing orang akan diuji oleh api itu.

Renungan

Bagaimana respon yang kita berikan saat mengalami masa pengujian atau masalah?


Referensi




211 views0 comments

Recent Posts

See All

Yorumlar


bottom of page